Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Oli Pelumas Industri

Tanggal :2/16/2022 4:40:00 PM Penulis : Iwan Christianto

Semua Yang Ingin Anda Ketahui Tentang Oli Pelumas Industri



Tidak peduli apa industri Anda, jika Anda ingin melihat perusahaan Anda berkembang, Anda harus memastikan bahwa semua mesin Anda bekerja sesuai keinginan Anda, meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan profitabilitas operasi Anda secara keseluruhan. Percaya atau tidak, ini semua dapat dicapai melalui pelumasan yang tepat.

Ada banyak jenis oli pelumas yang digunakan di berbagai industri, termasuk pertambangan, konstruksi, kelautan, pertanian, kehutanan, manufaktur, makanan, dan pelumas industri otomotif. Semuanya memiliki fitur dan properti uniknya sendiri dan yang terbaik adalah menggunakan yang memenuhi persyaratan spesifik operasi bisnis Anda.

Itulah sebabnya kami telah menyiapkan panduan terperinci yang mencakup gagasan paling penting untuk dipertimbangkan dalam hal pelumasan industri - keuntungan menggunakan pelumas industri, jenisnya, dan faktor yang harus diperhatikan ketika memilih oli pelumas yang tepat untuk Anda.
 

Manfaat Oli Pelumas Industri

 


Penggunaan pelumas yang tepat sangat penting jika Anda ingin meningkatkan efisiensi dan meningkatkan kinerja mesin dan peralatan industri Anda. Cairan yang digunakan dalam aplikasi industri diformulasikan untuk mencegah kerusakan atau masalah yang disebabkan oleh degradasi, memperpanjang interval servis, meningkatkan waktu kerja alat berat Anda, meningkatkan produktivitasnya, dan memberikan keandalan operasional yang lebih besar. Dengan pelumas yang tepat, Anda dapat berharap untuk meningkatkan produktivitas peralatan Anda, serta mengoptimalkan kinerjanya.

Pelumas juga dirancang untuk memberikan perlindungan jangka panjang dan mencegah kerusakan peralatan dan kegagalan mekanis yang disebabkan oleh kondisi kerja yang parah, lingkungan yang keras, suhu ekstrem, beban berat dan kejut, tekanan tinggi, korosi, dan oksidasi. Dengan menjaga mesin Anda terlindungi dengan baik sepanjang tahun, pelumas secara signifikan menurunkan waktu henti dan bahkan memperpanjang masa pakainya.

Memiliki peralatan yang berfungsi dengan baik sepanjang tahun akan mengurangi biaya operasional dan, akibatnya, menurunkan total biaya kepemilikan. Ini menghasilkan peningkatan produktivitas operasi Anda, profitabilitas yang lebih tinggi, dan pada akhirnya, pertumbuhan bisnis.
 

Jenis-Jenis Oli Pelumas Industri

Berdasarkan karakteristik dan aplikasinya yang unik, oli pelumas industri dapat dibagi menjadi dua kategori utama - gemuk dan oli.

Minyak Gemuk harus menjadi pelumas pilihan Anda setiap kali Anda melihat kebocoran yang perlu disegel, terutama jika berada di lingkungan dengan kontaminan tinggi, karena sangat bagus untuk pengendalian kebocoran. Selain itu, gemuk lebih mudah diaplikasikan dan direkomendasikan untuk semua suku cadang mesin dan peralatan yang sulit dijangkau. Selain itu, gemuk sangat bagus dalam hal pengurangan kebisingan, pengoperasian dalam kondisi ekstrem, dan pelumasan mesin yang aus.

Di sisi lain, oli sangat baik saat Anda perlu melumasi dan mendinginkan mesin Anda pada saat yang bersamaan. Minyak memiliki sifat unik perpindahan panas - panas dipindahkan dari satu badan minyak ke yang lain dan kemudian dipompa keluar melalui penukar panas. Selain itu, minyak lebih mudah dibersihkan dan menembus permukaan logam berpori dengan cukup mudah, yang memastikan aplikasi yang mulus.
 

Memilih Oli Pelumas Industri Yang Tepat Untuk Kebutuhan Anda

Seperti yang Anda lihat sendiri, ada banyak jenis oli pelumas yang digunakan di industri dan memilih yang tepat mungkin agak sulit, terutama jika Anda melakukannya untuk pertama kali. Penggunaan pelumas yang tepat sangat penting jika Anda ingin memastikan kinerja, efisiensi, produktivitas, dan profitabilitas usaha Anda yang maksimal.

Hal pertama yang perlu Anda putuskan adalah apakah lebih tepat menggunakan oli atau gemuk industri, tergantung pada kebutuhan pribadi Anda. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, pilih gemuk jika Anda membutuhkan pelumas yang menawarkan kontrol kebocoran, pengurangan kebisingan, dan pelumasan konstan. Di sisi lain, jika Anda membutuhkan produk yang memiliki sifat pelumas dan pendingin, maka oli industri adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis minyak dasar yang digunakan untuk pelumas. Pilihan di sini sangat tergantung pada frekuensi pelumasan yang diharapkan. Jika peralatan harus dilumasi secara teratur, artinya pelumas akan dioleskan kembali sesuai dengan rekomendasi pabrikan, dan kondisi kerja tidak terlalu berat, oli mineral harus menjadi pelumas pilihan Anda. Namun, jika Anda membutuhkan pelumas yang stabil dan tahan lama yang mampu bekerja secara efisien saat terkena suhu ekstrem, lingkungan yang keras, dan kondisi kerja yang berat, maka Anda harus memilih oli sintetis berkualitas tinggi.

Terakhir, kekentalan oli dasar harus sesuai dengan kasus Anda untuk mencapai hasil yang optimal. Saat memutuskan viskositas, perhatikan jenis beban, kecepatan, dan tekanan, serta kondisi lingkungan dan suhu, karena oli dengan viskositas berbeda bereaksi terhadap faktor eksternal secara berbeda. Faktor kunci lain yang perlu dipertimbangkan adalah jenis gesekan dan kecepatan operasi.
 

Intinya

Mesin dan peralatan industri dihadapkan pada beberapa kondisi kerja yang paling menuntut, fluktuasi suhu, tekanan, stres, dan beban berat dan tinggi. Solusi untuk menjaga peralatan Anda dalam kondisi prima terletak pada pelumasan yang tepat.

Oli pelumas industri dirancang untuk melindungi peralatan Anda dari keausan, mengurangi waktu henti, memperpanjang interval servis, menurunkan biaya perawatan, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan produktivitas proses Anda.

Dengan pemahaman atau pengetahuan dasar tentang pelumasan, Anda dapat melihat ada beberapa keuntungan menggunakan pelumasan yang tepat di mesin Anda. Efisiensi yang lebih tinggi, masa pakai yang lebih lama, keandalan yang lebih baik, dan hanya sedikit uang yang dihabiskan untuk pemeliharaan adalah tujuan yang ingin dicapai oleh setiap perusahaan. Segera hubungi kami untuk mendapatkan oli pelumas industri yang tepat untuk kebutuhan Anda.
Bendera Indonesia Indonesia  |  Bendera Inggris English